Rabu, 20 Januari 2010

RESENSI BUKU

Setiap Muslim Adalah Pemenang



Judul Buku : Living Smart

Penulis : Muhammad Nazhif Masykur

Penerbit : Pro-U

Tahun Terbit : 2007

Kota Terbit : Jakarta

Jumlah Halaman : Sekitar 272 halaman

Jenis Kertas : HVS putih


Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh ALLAH SWT. Banyak hal-hal positif yang terkandung dalam diri manusia. Setiap manusia diciptakan oleh ALLAH SWT dengan spesial, setiap manusia adalah istimewa sehingga setiap manusia memiliki potensi besar untuk sukses dan mempesona setiap saat, asalkan kita mau mengenal dan menggali potensi diri kita secara serius dan sunguh-sunguh.

Dalam buku ini, banyak hal yang ditulis oleh Muhammads Nazhif Masykur tentang bagaimana seorang muslim untuk mengenal dan menggali lebih dalam lagi potensi yang ada dalam dirinya. Dalam buku yang menarik ini, sang penulis mencoba untuk memaparkan motivasi-motivasi yang sangat relevan dengan kondisi hidup seorang pribadi muslim saat ini. Adapun secara garis besar motivasi tersebut adalah:

Syukur

Penulis menjelaskan bahwa dalam hidup manusia harus bersyukur pada ALLAH SWT. Setiap muslim harus mensyukuri segala nikmat yang ada dalam hidupnya,bukan mensyukuri apa yang akan ada sehingga setiap muslim benar-benar dapat memandang hidup ini dengan pikiran yang positif. Syukur atas segala nikmat ALLAH SWT merupakan hal yang sangat penting bagi hidup kita sehingga kita dapat memandang dunia ini sebagai suatu anugerah yang luar biasa dari ALLAH SWT. Selain itu dengan rasa syukur juga akan muncul semangat untuk menjalankan hidup dengan sebaik-baiknya sehingga setiap muslim tidak pernah menyesal menjalaninya dan selalu istiqomah di jalan ALLAH SWT baik dalam keadaan senang maupun sedih.

Yakinlah, anda adalah pribadi unggul

Setiap manusia diciptakan oleh ALLAH SWT dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. ALLAH SWT menjadikan manusia dalam bentuk dan rupa yang sebaik-baiknya. Jadi, janganlah kita berpikir bahwa kita tidak bisa, tapi bepikirlah bahwa kita bisa. Setiap pribadi memiliki keunggulan di setiap masing-masing bidang, jadi gali dan temui bidang yang sesuai dengan keahlian anda lalu kembangkanlah secara dinamis sehingga anda dapat menjadi pribadi yang unggul sesuai tuntunan ALLAH SWT.

Jangan Takut Sukses

”Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”(Q.S. AN-NAHL(16):97)

Rasullullah mengajarkan hal yang berhubungan dengan manajemen kesuksesan adalah bagaimana sukses untuk tidak menjadi mental pengemis. Rasullulluah dalam suatu kisah pernah berkata bahwa janganlah kamu meminta-minta, karena sesungguhnya meminta-minta hanya akan menjadi noda padamu di hari kiamat kelak.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan mengenai pokok bahasan ini, yaitu

· Hindarkan sikap meminta-minta, sebab bisa melemahkan kegigihan jiwa untuk menghadapi hidup ini.

· Isilah perut kita dengan hasil keringat sendiri, agar halal dan representatif bukan halal karena belas kasihan orang lain.

· Berani menghadapi resiko psikologis, pantang menyerah dan gigih

Jika kita telah menemukan fakta tersebut, kita tidak lagi berpuas diri dengan hanya menumpang lewatm pada lautan kehidupan yang penuh badai menyenangkan ini dan luar biasa indahnya. Sebaliknya, kita akan terus mencari dan mencari sukses,kebahagiaan dan kedamaian batin untuk diri sendiri dan orang lain. Jangan takut sukses kalau anda orang beriman.

Setiap Muslim diciptakan oleh ALLAH SWT dengan rupa serta kelebihan dan kekurangan masing-masing yang beraneka ragam. Untuk itulah kita semua harus saling melengkapi satu sama lain,sehingga hidup kita akan lebih bermakna.Janganlah kita menyerah dalam mengarungi kehidupan ini, yakinlah tiada berputus asa dari rahmat ALLAH SWT ,melainkan orang-orang kafir.

Banyak hal yang dapat dipetik dari buku ini, kandungan materi yang lengkap dan dipadu dengan bentuk yang menarik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin membacanya selain itu bahasa yang fleksibel dan mudah dipahami membuat buku ini sangat baik untuk dibaca oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dokter, dokter gigi dan masyarakat muslim secara luas.

Faiznur Ridho

08/267881/KG/8334

Tidak ada komentar:

Posting Komentar